HELLO READERS

Halo.... Apa kabar? ^ ^

Kunjungi juga: https://www.facebook.com/NanaSevenIndonesia dan https://www.facebook.com/MizukiNanaLovers

Jangan lupa di like Fanspagenya... Terimakasih ^ ^

Kamis, 24 Januari 2013

Defisit Perdagangan Jepang Picu Kekhawatiran

AniMangA Plus--Para pengamat mengatakan defisit perdagangan Jepang yang memburuk dapat mengarah pada defisit terhadap neraca berjalan Jepang yang sehat serta merusak kredibilitas keuangan negara.


Aset luar negeri bersih Jepang mencapai 265 triliun yen atau sekitar 3,2 triliun dolar pada tahun 2011, yaitu tetap tertinggi sedunia sejak tahun 1991 dan hampir dua kali nilai yang sama untuk Cina. Pada tahun lalu, bunga dan dividen dari aset-aset tersebut mengimbangi defisit perdagangan yang lebih besar serta telah mencegah neraca berjalan secara keseluruhan menjadi minus.

Jepang yang pernah dikenal sebagai negara mitra dagang kini beralih menjadi negara investor. Namun para pengamat memperingatkan bahwa memburuknya defisit dapat menyusutkan neraca berjalan Jepang, sehingga Jepang terpaksa berutang. Menurut para pengamat hal ini pada akhirnya akan meningkatkan suku bunga obligasi pemerintah, yang berakibat pada meningkatnya biaya peminjaman serta menurunnya peringkat utang.

Jepang mencatatkan defisit perdagangan yang mencapai rekor tertinggi tahun lalu karena ekspor ke Eropa dan Cina anjlok tajam sementara impor bahan bakar meningkat.

Dalam laporan pendahuluan yang dikeluarkan Kementerian Keuangan hari ini disebutkan defisit perdagangan tahun 2012 mencapai sekitar 6,9 triliun yen, atau sekitar 78 miliar dolar. Defisit tertinggi sebelumnya pernah tercatat pada tahun 1980.

Impor naik 3,8 persen dalam nilai yen. Kenaikan ini terutama akibat tingginya permintaan akan gas alam cair untuk generator-generator pembangkit listrik tenaga uap.

Ekspor jatuh 2,7 persen dalam nilai yen. Ekspor ke Eropa menurun karena masalah utang di kawasan itu menyeret turun permintaan akan produk dari Jepang. Ekspor ke Cina juga mengalami penurunan. Banyak konsumen di negara itu tampaknya menghindari produk-produk Jepang akibat memanasnya sengketa wilayah kedua negara. (nhk indonesia/AniMangA Plus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar