HELLO READERS

Halo.... Apa kabar? ^ ^

Kunjungi juga: https://www.facebook.com/NanaSevenIndonesia dan https://www.facebook.com/MizukiNanaLovers

Jangan lupa di like Fanspagenya... Terimakasih ^ ^

Senin, 17 Desember 2012

Seputar Kemenangan LDP di Pemilu Majelis Rendah

AniMangA Plus--Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan partainya, Partai Demokratik Liberal (LDP), menang besar dalam pemilu Majelis Rendah hari Minggu kemarin.

Partai Demokratik yang dipimpin oleh PM Yoshihiko Noda mengalami kekalahan telak. Noda mengatakan ia menerima kekalahan itu dan akan mundur sebagai ketua partai untuk bertanggung jawab.

LDP meraih 294 kursi sementara mitra koalisinya Partai Komei Baru meraih 31 suara dari 480 kursi di Majelis Rendah. Total kedua partai itu meraih lebih dari 320 kursi, atau dua pertiga suara mayoritas yang memungkinkan mereka untuk memberlakukan RUU dalam pemungutan suara ulang jika ditolak oleh Majelis Tinggi. LDP dan Komei Baru kekurangan suara mayoritas di Majelis Tinggi.


Abe Paparkan Sikap Mengenai Ekonomi dan Konstitusi

Ketua LDP Shinzo Abe mengatakan, partainya dan Komei Baru telah memutuskan untuk membentuk sebuah pemerintahan koalisi dan segera akan memulai pembicaraan soal kebijakan.

Ketua Partai Demokratik Liberal (LDP) Shinzo Abe menggelar jumpa pers hari ini, Senin (17/12/2012). LDP akan kembali berkuasa setelah lebih dari tiga tahun menjadi oposisi pemerintah.

Sebelumnya Abe pernah menjabat perdana menteri selama satu tahun antara tahun 2006 dan 2007. Ia mengatakan, sangat disesalkan ia tidak bisa mengunjungi Kuil Yasukuni dalam masa jabatannya.

Ia juga mengungkapkan para pemimpin dari seluruh dunia menghormati arwah mereka yang meninggal karena berjuang untuk tanah air mereka. Namun ia tidak menyebutkan apakah ia akan berkunjung ke Kuil Yasukuni bila ia menjadi perdana menteri lagi. Kuil Yasukuni di Tokyo dipersembahkan untuk korban perang Jepang termasuk para pemimpin masa perang.

Abe, sejak dulu menyerukan amandemen Konstitusi. Ia mengatakan, LDP telah mengamankan dua pertiga kursi di Majelis Rendah, yang diperlukan untuk mengajukan rancangan amandemen, namun mendapatkan sedikit kursi di Majelis Tinggi. Abe mengungkapkan partainya akan berupaya memenangkan jumlah kursi yang diperlukan dalam pemilu Majelis Tinggi tahun depan.

Ia menyampaikan harapan agar partai-partai lainnya sepakat untuk merevisi Pasal 96 Konstitusi yang akan menetapkan proses amandemen.

Di bidang ekonomi, Abe mengatakan ia akan memulihkan dewan kementerian untuk menyusun kebijakan makroekonomi dan ia akan meminta gubernur bank sentral Jepang untuk hadir dalam pertemuan-pertemuan dewan.

Politikus yang diduga kuat akan menjadi perdana menteri Jepang berikutnya ini juga mengatakan ia akan mempertahankan Shigeru Ishiba sebagai sekretaris jenderal LDP.

Amerika Serikat dan Federasi Bisnis Jepang Sambut Baik

Sementara itu, para pemimpin bisnis menyambut baik kemenangan Partai Demokratik Liberal (LDP) dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dalam pemilu Majelis Rendah yang diselenggarakan pada hari Minggu (16/12).

Ketua Federasi Bisnis Jepang Hiromasa Yonekura mengungkapkan kemenangan LDP mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan partai itu dalam membangun kembali perekonomian Jepang. Dalam sebuah pernyataan ia mengatakan, kepemimpinan politik yang kuat penting bagi pemulihan ekonomi, rekonstruksi pasca-bencana serta kebijakan energi yang tangguh. Yonekura juga menyampaikan harapan agar Jepang bergabung dalam pembahasan perjanjian perdagangan bebas Kemitraan Trans-Pasifik, secepat mungkin.

Presiden AS Barack Obama juga ikut memberikan ucapan selamat kepada Ketua Partai Demokratik Liberal Shinzo Abe atas keberhasilan partainya dalam pemilu Majelis Rendah. Obama mengutip aliansi AS-Jepang sebagai tonggak perdamaian dan kemakmuran di kawasan Asia-Pasifik. Obama juga berharap bisa bekerja sama erat dengan pemerintahan Jepang berikutnya dalam masalah-masalah bilateral, regional dan internasional.

Dicemooh Warga China

Sementara itu, dikabarkan banyak warga China yang tidak menyukai kemenangan Partai Liberal Demokrat (LDP) dalam pemilu yang diselenggarakan di Jepang Minggu (16/12/2012) kemarin. Mereka pun mencemooh pimpinan LDP Shinzo Abe, yang dipastikan akan menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang.

Warga China melihat Shinzo Abe, sebagai sosok nasionalis yang anti-China. LDP dipastikan mendapatkan jumlah kursi mayoritas di Parlemen Jepang. Dengan kemenangan ini, maka Abe bisa diangkat sebagai PM Jepang menggantikan Yoshihiko Noda yang berasal dari Partai Demokrat Jepang (DPJ).

Sikap tidak suka terhadap Abe tersebut ditunjukkan oleh warga China di dunia maya. Situs jejaring sosial di China banyak menampilkan cemoohan terhadap Shinzo Abe yang diposting oleh warga China. Beberapa diantara mereka pun mendorong aksi boikot produk Jepang sebagai bentuk protes terhadap sikap Abe yang dianggap anti-China itu.

Selama kampanye Abe menyerukan Jepang untuk bersikap lebih tegas terhadap China. Sikap keras ini khususnya ditunjukkan dalam hal sengketa kepemilikan Kepulauan Senkaku yang diperebutkan oleh kedua negara. Demikian diberitakan Washington Post, Senin (17/12/2012).

Selain masalah sengketa Kepulauan Senkaku, hubungan buruk antara China dengan Jepang juga disebabkan oleh faktor sejarah. China menuntut Jepang untuk meminta maaf atas kekejaman yang dilakukan tentaranya selama menduduki wilayah China pada masa Perang Dunia II.

Jepang sendiri menolak untuk mengakui kekejamannya tersebut, pemimpin Jepang seringkali mendatangi Kuil Yasukuni yang dianggap sebagai tindakan provokasi oleh China. Kuil Yasukuni adalah tempat penghormatan untuk tentara Jepang yang wafat selama PD II, termasuk di dalamnya pejabat militer Jepang yang terbukti melakukan kejahatan perang..

Shinzo Abe sendiri dilaporkan sempat mengunjungi Kuil Yasukuni pada Oktober lalu setelah ia berhasil meraih posisi ketua di LDP.

12 Partai Bersaing

Dalam pemilu Majelis Rendah Jepang kali ini, 12 partai bersaing untuk memperebutkan 300 kursi di konstituen tunggal, dan 18 kursi di bawah sistem keterwakilan proporsional.

Partai Demokratik hanya memenangi 57 kursi dan meraih kurang dari sepertiga dari 230 kursi seperti yang mereka miliki sebelum pemilu. Partai baru Jepang, Partai Restorasi yang ditubuhkan oleh Walikota Osaka Toru Hashimoto dan dipimpin oleh mantan Gubernur Tokyo, Shintaro Ishihara meraih 54 kursi.

Partai Kita Semua yang dipimpin oleh mantan menteri reformasi administrasi, Yoshimi Watanabe, meraih 18 kursi. Partai baru, Partai Masa Depan Jepang yang dipimpin oleh Gubernur anti-nuklir dari Provinsi Shiga, Yukiko Kada, meraih 9 kursi.

Partai Komunis Jepang meraih 8 kursi dan Partai Demokratik Sosial meraih 2 kursi. Partai Rakyat Baru, yang merupakan mitra koalisi Partai Demokratik meraih 1 kursi. Sementara Partai Baru DAICHI, sebuah partai regional yang berbasis di provinsi paling utara Jepang, Hokkaido, meraih 1 kursi. (nhk world indonesia/okezone/aft/AniMangA Plus)

4 komentar:

  1. This web site truly has all the info I wanted concerning this subject and didn't know who to ask.
    My blog post ; fantasy scifi

    BalasHapus
  2. Thanks on your marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you could be a great author.
    I will be sure to bookmark your blog and will come back in the future.
    I want to encourage yourself to continue your great posts, have
    a nice day!
    My webpage write fast

    BalasHapus
  3. I’m not that much of a internet reader to be honest but
    your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back later on. Cheers
    Look at my blog post - green coffee bean extract canada

    BalasHapus
  4. Very rapidly this web site will be famous amid all blogging viewers, due to it's pleasant articles
    My site ... Webmaster Daily Deals

    BalasHapus