HELLO READERS

Halo.... Apa kabar? ^ ^

Kunjungi juga: https://www.facebook.com/NanaSevenIndonesia dan https://www.facebook.com/MizukiNanaLovers

Jangan lupa di like Fanspagenya... Terimakasih ^ ^

Selasa, 02 Oktober 2012

Catatan AniMangA Plus: UNION


AniMangA Plus--Sengketa pulau Senkoku yang diperebutkan oleh Jepang dan Cina sedang hangat-hangatnya. Masing-masing saling mempertahankan argumentasi. Keributan ini sendiri telah memperkeruh hubungan kedua Negara tersebut. Hal ini berdampak pada segala aspek, baik politik, sosial, budaya ataupun ekonomi kedua Negara yang sedang bertikai tersebut.


Di bidang entertainmen pun  terkena imbasnya. Sebut saja yang baru-baru ini akan digelar di kota Shanghai, yaitu konser musik anime song atau Anisama, yang sedianya akan segera digelar menjadi tertunda karena permasalahan ini.

Banyak para fans anime song menjadi kecewa terhadap penundaan ini. Rasa kecewa tidak hanya datang dari Cina saja, tapi juga dari Jepang hingga bahkan fans di seluruh dunia. Penundaan ini sendiri tidak diketahui hingga sampai kapan. Bisa jadi penundaan ini akan menjadi pembatalan total sehingga konser yang sedianya akan di gelar di Shanghai, bisa jadi akan diganti ke Negara lain.

Jika kita melihat, inilah efek dari sekat-sekat nasionalisme yang masih terus dibangun oleh setiap Negara. Terkotak-kotak dalam nation-state. 

Mungkin, slogan dari konser Mizuki Nana LIVE UNION 2012 yang telah digelar di banyak kota di Jepang bisa menjadi tolak ukur dan acuan begitu pentingnya sebuah persatuan yang tidak dibatasi oleh jarak dan batas wilayah.

Ya, slogan tersebut apalagi kalo bukan : “We Stay Together in Union.”

Can you feel my faith? (abdul fatah/AniMangA Plus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar