HELLO READERS

Halo.... Apa kabar? ^ ^

Kunjungi juga: https://www.facebook.com/NanaSevenIndonesia dan https://www.facebook.com/MizukiNanaLovers

Jangan lupa di like Fanspagenya... Terimakasih ^ ^

Kamis, 12 Juli 2012

Mengenal Kungfu 8 Mata Angin dari Kenji


Pernahkah kalian mendengar jurus 8 Mata Angin?

Bagi yang pernah membaca manga Kenji di era 1990-2000-an kalo saya gak salah, pasti akrab dengan istilah ini. Kungfu ini disebut-sebut sebagai aliran kungfu terdahsyat di dunia. Yap, kalo sudah pernah membaca komik tersebut, pasti sudah paham mengapa Kungfu 8 Mata Angin ini adalah Kungfu Terdashyat di Dunia. Dan Kungfu ini diciptakan oleh suku / kaum minoritas Muslim di Cina!


Berikut ulasannya yang saya rangkum dari dua laman, blog dan sebuah forum di dunia maya:



KUNGFU DELAPAN MATA ANGIN , PALING MEMATIKAN

Di bawah ini adalah sepenggal sejarah Kungfu 8 Mata Angin atau dalam bahasa China-nya dinamakan BA JI GUAN.

Kungfu ini dimitoskan oleh orang China sebagai salah satu beladiri terkuat di dunia penyebarannya luas keseluruh dunia sejak awal abad 20.
Kungfu ini mempunyai ciri khas pada serangan langsung pukulan bertubi tubi dengan penyaluran tenaga ledakan yang luar biasa. Para praktisinya pada akhirnya mampu merubah kungfu ini dari kungfu tenaga luar menjadi kungfu tenaga dalam.

Kungfu bajiquan adalah kungfu rahasia terkuat di dunia diciptakan oleh para rahib Butongpai, tersebar menjadi 2 bagian utama;
1. Bercampur dengan aliran kungfu lainnya seperti Bagua Zhang, Piqua Zhang, Shaolin dan Taichi.
2.Menyebar khusus di daerah china beragama Islam dan hanya diajarkan pada suku beragama islam seperti suku Hui, turki dan uighur dll.

[Image: liu1n.jpg]
Sesepuh pewaris langsung ilmu BA JI GUAN (8 Mata Angin) Tetua Liu Gek Yu.

Kungfu ini jarang disebarkan karena dianggap terlalu berbahaya.

Terdiri dari beberapa aliran tapi intinya adalah membentuk kekuatan dalam dari latihan pernafasan dan jurus. Gerakan dan tehniknya sederhana dan mengandung tenaga yang luar biasa. mempunyai gerakan gerakan lambat yang mengandung ledakan ledakan tenaga. jarang disebarkan pada umum karena bagi orang dulu kungfu umum disebarkan untuk umum tidak demikian dengan kungfu rahasia karena mematikan dan berbahaya.


[Image: 294991543832086698b9o.jpg]
Dan ini adalah sang pendiri "Kungfu Delapan 8 Angin / Ba Ji Guan"
Tetua Lie Syo Bun.

Sejarah dan Aliran2 kungfu BAJIQUAN/Kungfu 8 Mata Angin

1. Aliran yang paling pertama kali yaitu aliran WU, yang di bawa oleh Wu Zhong, aliran ini masih berkembang di RRC dan Jepang. Aliran ini adalah yang disebut aliran pertama dari baji. Sesuai dengan catatan sejarah yang tertinggal, Wu Zhong adalah orang yang diakui memperkenalkan Baji kembali. Pengajar dari Wu Zhong adalah dua orang pengembara bernama Lai dan Bi yang tidak ingin disebutkan namanya. Diduga mereka berdua sebenarnya adalah orang pemerintahan atau buronan politik yang sedang menyembunyikan diri.

Aliran ini saat ini di teruskan dan dipegang oleh Master Wu Lian Zhi. Walaupun bermarga Wu, beliau bukanlah keturunan langsung dari Wu Zhong.
Aliran Wu terutama terpusat di desa Meng, desa asal baji, dan disana didirikan sekolah internasional baji, Khai Men Ba Ji Quan.

2. Aliran suku Muslim di RRC, pada dasarnya mirip dengan aliran Wu tetapi berbeda pada pola jurus2nya, aliran ini lebih tertutup sehingga jalur perkembangannya masih di RRC.

3. Aliran LIE, yang di kembangkan atau di gubah oleh Lie Syo Bun(Lie Shu Wen)-spt pada cerita komik kenji-aliran LIE ini nantinya akan terpecah menjadi 2, yaitu aliran HUO dan LIU.

4. Aliran MO, aliran gurunya Lie Syo Bun - berkembang di he bei, RRC.

5. Aliran HUO, yang di bawa oleh Huo Dien Ge(Kaku den kaku kalo di komik kenji), aliran ini sampai sekarang berkembang di RRC, aliran Huo ini masih mirip dengan aliran MO, karena Huo dien ge alias kaku den kaku adalah murid pertama Lie syo bun, sehingga apa2 yang di pelajari oleh Lie syo bun di turunkan ke Huo-belum ada gubahan apa2.

6. Aliran LIU, yang di bawa oleh Liu Gekkyu/Liu Yun Chiao, aliran ini merupakan aliran yang di sempurnakan oleh Lie Syo Bun(Lie Su wen) di masa tuanya, berbekal dari pengalaman bertarungnya sampai pada hari tua Lie syo bun, maka Lie syo bun membuang "yang tidak perlu" dan menambah/memodif bajiquan sehingga lebih dashyat lagi, contoh kongkret, yaitu jurus phong chui (jurus choso kalo di kenji), jurus ini tidak terdapat pada aliran manapun, karena jurus ini adalah ciri khas dari bajiquan terakhir Lie syo bun yang di turunkan ke Liu Gekkyu/Liu yun Chiao,aliran ini berkembang terutama di Taiwan, dan kemudian di bawa lagi di sebarkan ke jepang, canada, amerika, malaysia,dll.

7. selain aliran2 diatas masih ada lagi beberapa aliran antara laen aliran keluarga king, aliran nan jing yang di bawa Lie gen chi(lie Yuen tse) ke taiwan, dan lain sebagainya.

Video Aliran Kungfu 8 Mata Angin

Berikut beberapa video kungfu delapan mata angin:





Video yang ini diajarin langkah-langkah gampannya dan disini kedengaran banget bunyi langkah dan hentakan kaki yang merupakan ciri khas kungfu ini.



Di bawah ini adalah link demo Jurus Kungfu 8 Mata Angin oleh Kaum Muslim di China:




Kungfu ALiran 8 Mata Angin dalam Budaya Populer


Seiring dengan berjalannya waktu Kenji yang tidak begitu menguasai Kungfu Delapan Mata Angin mulai belajar banyak sekali teknik beladiri untuk meningkatkan kemampuannya. Kenji memiliki satu orang rival yang sering ditampilkan pada cerita komik Kenji bernama Tony Tan. Tony yang juga ingin menguasai Kungfu Delapan Mata Angin telah menguasai berbagai teknik bela diri Cina termasuk aliran Kungfu Shaolin Hung Ga dan Xinyiliuhequan.

Kenji yang ditinggalkan kakeknya pada saat umur 7 tahun kemudian bertekad untuk menyusul kakeknya di China untuk belajar ilmu bela diri. Petualangan demi petualangan seru dilalui oleh Kenji di dalam perjalanannya. Baiklah kalau kamu juga suka petualangan Kenji di waktu kecil atau dulu mungkin kamu suka mempraktekkan beberapa gerakan bela diri ala Kenji Goh.

[Image: long2.jpg]Di dalam Game TEKKEN , juga ada tokoh "Long" yang mahir jurus-jurus Delapan Mata Angin.

Guru yang hebat menghasilkan murid yang hebat, banyak muridnya memegang peranan penting dalam sejarah dunia ilmu beladiri. Beberapa murid lishuwen yang terkenal diantaranya adalah Huo Diange a.k.a kaku den kaku (pengawal kaisar Pu Yi, kaisar terakhir Cina), Li Chen Wu (pengawal Mao Zedong) dan Liu Yunqiao a.k.a Liu Gekkyu (agen rahasia kuomintang dan instruktur beladiri pengawal Chiang Kai Shek) oleh karena itu bajiquan disebut juga “The Bodyguard Style”.

*Special Thanks to Joerig Edan for the sources :) (AniMangA plus)

6 komentar:

  1. mantap dan lengkap banget ulasan nya gan....

    BalasHapus
  2. Thanks,aku dah baca kenji... sebenernya aku baca kenji duluan sebelum baca blog ini.... o iya episode menurut anda mana yg paling bagus?Aku sih pas kenji ketemu tei sai jin... ya namanya itu kan?lupa,😅

    BalasHapus